Kerja Sama Strategis: SMK Teknologi Karawang dan BNET Academy Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi


Jakarta, 10 September 2024 – SMK Teknologi Karawang menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT. Zona Edukasi Nasional (BNET Academy) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan industri 4.0.
Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK Teknologi Karawang di bidang teknologi dan digitalisasi.

Acara penandatanganan ini berlangsung di Aula Gedung A Kemendikbudristek dan dihadiri oleh perwakilan dari BNET Academy serta beberapa perwakilan pimpinan sekolah termasuk SMK Teknologi Karawang. Acara ini menandai peluncuran program Teaching Factory (TEFA), yang merupakan jawaban atas kesenjangan antara pendidikan vokasi dan dunia kerja di Indonesia. Tantangan dunia SMK saat ini adalah banyaknya lulusan SMK menghadapi kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan sesuai bidang keahlian mereka bahkan menjadi penyumbang pengangguran terbanyak di Indonesia.

Melalui program Teaching Factory (TEFA) sebagai model pembelajaran link and match pendidikan dengan industri, BNET Academy ikut terlibat dalam melakukan pendampingan kepada mitra sekolah yang mengikuti program BNET Academy, termasuk di dalam nya penyelarasan kurikulum industri dengan Pendidikan, Ups skilling guru, Guru Tamu (Praktisi mengajar), PKL/Magang, Bantuan rekomendasi penyaluran tenaga kerja, sertifikasi, serta pengembangan sarana prasarana penunjang Pendidikan sekolah agar dapat tersinkronisasi dengan kebutuhan industri.

Diharapkan dari kerja sama tersebut, siswa SMK Teknologi Karawang akan lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain di Indonesia untuk menjalin kerja sama serupa, demi terciptanya pendidikan vokasi yang lebih berkualitas dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Dengan mengintegrasikan kurikulum berbasis industri serta alat dan metodologi digital, program Teaching  Factory BNET Academy akan mendukung upaya Karawang menjadi pemimpin dalam pendidikan vokasi. Inisiatif ini sejalan dengan tujuan pembangunan ekonomi Karawang, memberikan manfaat langsung kepada bisnis lokal dengan menyediakan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja.

Dokumentasi :